Dengan hormat, saya mempunyai istri berusia 31 tahun. Karena suka mengalami panas di pinggang, pertama saya kira karena kurang minum.

Kemudian, saya coba bawa ke dokter spesialis urologi. Setelah di-USG, istri saya mengalami penyakit kista di ginjal kanan yang menurut informasi dokter sudah multiple (banyak).

Saya mohon informasi dokter, apakah penyakit itu dapat disembuhkan tidak dengan operasi? Atau bisakah diberi obat? Apakah faktor penyebab istri saya mengalami kista? Sebab, yang saya tahu, kami sudah berusaha melakukan pola hidup sehat. Sebelumnya terima kasih banyak atas jawaban dokter.

Irfan, Sidoarjo

Kista ginjal merupakan tumor jinak terbanyak di ginjal. Sebanyak 70 persen tidak memberikan keluhan. Angka kejadian meningkat sesuai usia. Sekitar 20 persen orang pada usia 40 tahun mempunyai kista dan 30 persen pada usia 60 tahun.

Kista ginjal dapat tunggal ataupun multiple (banyak); baik di satu ginjal maupun kedua ginjal. Kista ginjal dibedakan beberapa bentuk. Yaitu, ginjal multikistik, polikistik, maupun soliter (tunggal).

Ginjal polikistik merupakan kelainan herediter dan berkembang secara progresif menuju kerusakan pada kedua ginjal (bilateral). Ginjal multikistik terjadi karena kegagalan dalam proses embriologis pembentukan sistem ginjal. Biasanya, kelainan itu mengenai satu ginjal dengan ditandai banyak kista. Kista ginjal soliter (tunggal) banyak dijumpai pada dewasa dan merupakan kelainan bawaan.

Keluhan kista ginjal biasanya mengakibatkan nyeri pinggang akibat massa kista ginjal yang cukup besar. Kista kadang-kadang mengalami infeksi maupun terkena trauma dari luar. Dampaknya adalah perdarahan sehingga nyeri hebat.

Penanganan kista ginjal umumnya dilakukan secara konservatif dengan pemantauan secara klinis maupun pemeriksaan penunjang lain secara berkala. Bila sudah timbul keluhan atau komplikasi, dapat dilakukan aspirasi cairan kista (tuntunan USG) disertai pemberian obat skleroterapi maupun dengan pembedahan. (*)

dr Edwin Ongkorahardjo SpU

Spesialis Urologi RS Surabaya Internasional

About these ads