Kista ginjal sebabkan nyeri pinggang

Dengan hormat, saya mempunyai istri berusia 31 tahun. Karena suka mengalami panas di pinggang, pertama saya kira karena kurang minum.

Kemudian, saya coba bawa ke dokter spesialis urologi. Setelah di-USG, istri saya mengalami penyakit kista di ginjal kanan yang menurut informasi dokter sudah multiple (banyak).

Saya mohon informasi dokter, apakah penyakit itu dapat disembuhkan tidak dengan operasi? Atau bisakah diberi obat? Apakah faktor penyebab istri saya mengalami kista? Sebab, yang saya tahu, kami sudah berusaha melakukan pola hidup sehat. Sebelumnya terima kasih banyak atas jawaban dokter.

Irfan, Sidoarjo

Kista ginjal merupakan tumor jinak terbanyak di ginjal. Sebanyak 70 persen tidak memberikan keluhan. Angka kejadian meningkat sesuai usia. Sekitar 20 persen orang pada usia 40 tahun mempunyai kista dan 30 persen pada usia 60 tahun.

Kista ginjal dapat tunggal ataupun multiple (banyak); baik di satu ginjal maupun kedua ginjal. Kista ginjal dibedakan beberapa bentuk. Yaitu, ginjal multikistik, polikistik, maupun soliter (tunggal).

Ginjal polikistik merupakan kelainan herediter dan berkembang secara progresif menuju kerusakan pada kedua ginjal (bilateral). Ginjal multikistik terjadi karena kegagalan dalam proses embriologis pembentukan sistem ginjal. Biasanya, kelainan itu mengenai satu ginjal dengan ditandai banyak kista. Kista ginjal soliter (tunggal) banyak dijumpai pada dewasa dan merupakan kelainan bawaan.

Keluhan kista ginjal biasanya mengakibatkan nyeri pinggang akibat massa kista ginjal yang cukup besar. Kista kadang-kadang mengalami infeksi maupun terkena trauma dari luar. Dampaknya adalah perdarahan sehingga nyeri hebat.

Penanganan kista ginjal umumnya dilakukan secara konservatif dengan pemantauan secara klinis maupun pemeriksaan penunjang lain secara berkala. Bila sudah timbul keluhan atau komplikasi, dapat dilakukan aspirasi cairan kista (tuntunan USG) disertai pemberian obat skleroterapi maupun dengan pembedahan. (*)

dr Edwin Ongkorahardjo SpU

Spesialis Urologi RS Surabaya Internasional

About these ads

9 responses to “Kista ginjal sebabkan nyeri pinggang

    • handrightness yang baik,
      kista ginjal bersifat bawaan menurun berdasarkan tulisan diatas. pembedahan bisa bersifat fatal bila gaga atau sebaliknya bila berhasil. masalah sembuh atau tidaknya, semua tergantung dari ijin Alloh SWT dan kita sebagai manusia hanya berikhtiar ke mana saja.

  1. berdasarkan keterangan di atas, yang mengatakan bahwa “Sekitar 20 persen orang pada usia 40 tahun mempunyai kista dan 30 persen pada usia 60 tahun.”
    saya berusia 21 tahun tetapi dokter spesialis bedah menvonis saya mengidap kista d ginjal, ukuran’a msh kecil. apakah kista ginjal bs terjadi pada usia di bawah 40 tahun? terima kasih atas tanggapan bapak.

    • Yosirenata yang baik,

      Kista ginjal bisa terjadi pada usia di bawah 40 tahun karena bisa disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah faktor bawaan dan lain sebagainya. Alangkah baiknya mulai dicegah mulai sedini mungkin dengan cara alami seperti herbal.
      Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?

      Salam sehat selalu, PijatBagus !

  2. suami saya divonis mengidap kista pada ginjal kiri dg diameter 3,5cm dan pd ginjal kanan 4cm, juga terdapat banyak kristal, selama ini sering nyeri pd sekitar pinggang lanjut ke perut, apakah ini berbahaya?? haruskah dilakukan pembedahan?? terima kasih atas tanggapan Bapak..

    • Yth. Ibu Elliya,

      Saya sangat prihatin juga mendengar kabar akan sakinya suami Ibu. Maaf kalo boleh saran, sebaiknya coba di periksakan ke dokter yang lain sebagai second opinion, siapa tahu ada salah analisa pemeriksaan atau manakala diperiksa Bapak lagi kondisi badan tidak baik. Bagaimana menurut Ibu Elliya ? Moga saran ini bisa membantu. Amin

      Salam sehat selalu, PijatBagus !

  3. lam kenal???? saya ibu rumah tangga umur 32 th. saya di vonis mengidap penyakit kista ginjal. kalau boleh tau apa pantangan makanan bagi saya and anjuran makanan yg baik bagi saya. trims atas infox.

    • Yth. Bapak Anto dan Ibu Rukminingsih,

      Perlu segera diobati agar kista tidak berkembang.
      Hindari mengkonsumsi makanan berlemak, ikan air tawar, ikan laut, kubis, kangkung, nangka muda, kopi, dan air teh pekat.
      Perbanyak minum air putih dan pinggang jangan dipijat. Untuk mengobatinya, bisa dicoba resep berikut.
      Resep 1:
      Bahan
      – Batang dan daun benalu jeruk nipis yang dicacah 1 genggam
      – Daun sendokan segar 7 lembar
      – Daun pegagan dengan tangkainya 11 lembar
      – Rimpang temuputih sebesar telor itik 1 biji
      Cara membuat
      Kupas temuputih, cuci, lalu diiris tipis. Rebus dengan bahan lain dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat dan saring, lalu diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas. Lakukan selama sebulan.
      Resep 2
      Bahan
      – Daun pegagan segar dengan tangkainya ? genggam
      – Meniran (dengan akarnya) 2 batang
      – Akar alang-alang (kulit arinya dibuang) 7 jengkal
      – Rimpang temumangga sebesar telur itik 1 biji
      Cara membuat
      Kupas temumangga, cuci, lalu diiris tipis. Rebus dengan bahan lain dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat dan saring, kemdian diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas. Lakukan selama sebulan.

      http://www.trubus-online.com

      Moga bermanfaat. Amin

      Salam sehat,

      PijatBagus !

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s