Rabu, September 10th, 2008



Oleh arixs
Manusia yang ingin sehat harus selalu bergerak. Namun, gerakan seperti apa yang dapat membuat manusia selalu sehat secara jasmani dan mental?
Senam ergonomik adalah salah satu bentuk rangkaian gerak yang sangat efektif, efisien, dan logis karena rangkaian gerakannya merupakan rangkaian gerak yang dilakukan sejak dulu kala sampai kini.
Gerakan senam ergonomik merupakan gerakan dasar alamiah yang dapat membangkitkan energi positif dan sekaligus membakar dan menghancurkan energi negatif yang ada dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, apabila rangkaian gerakan ini dilakukan secara rutin, setiap manusia akan terbebas dari segala macam penyakit dan memiliki daya tahan tubuh yang prima.
Teknik pijat getar saraf dapat digunakan untuk membongkar pengapuran, membongkar sumbatan kelenjar keringat, dan membuang energi negatif.
Gerakan senam ergonomik yang digabung dengan teknik pijat getar saraf akan menjadi kombinasi teknik kesehatan mandiri yang sangat bagus karena merupakan teknik pencegahan, perawatan, dan peningkatan kesehatan.
Beberapa tombol untuk memperbaiki keperkasaan, menurut A.M. ISRAN, BSC, MBA, PhD, banyak terdapat di bagian paha bagian dalam, pangkal lutut, dan lutut bagian dalam, cekungan antara betis dan tulang kering, pinggir mata kaki bawah atas tumit, pinggir telapak kaki lewat atas cekungan terus ke jempol kaki. Pengetahuan ini berguna untuk mengobati sakit gula, hernia, prostat, dan memperbaiki keperkasaan. Jadi tidak perlu makan obat kuat atau Viagra segala yang bisa membuat orang kejang jantung. Keperkasaan dapat dioptimalkan kalau mau memanfaatkan teknik pijat getar saraf dengan cara menekankan tumit sekeras mungkin pada titik-titik saraf keperkasaan mulai dari pangkal paha terus ke pangkal lutut, terus digegser sambil ditekan sampai ke jempol kaki. Dalam melakukan tekanan, cari bagian atau titik yang linu, tekan dan geser sedikit pelan-pelan sampai tidak linu lagi. Dijamin perabot akan keras seperti kayu. Untuk meningkatkan daya tahan waktu bersenggama, dengan melakukan duduk simpuh perkasa, dengan menekankan pangkal siku ke pangkal paha atas dan digeser ke arah lutut sangat efektif, di samping untuk menghindari pengapuran yang menyebabkan cairan pelumas lutut menjadi kering.
Pedoman pijat Balita. Pada dasarnya balita sarafnya masih sangat lentur, namun umumnya terdapat banyak benjolan kista pada saluran memori,bagian leher, pangkal leher. Kista ini jika nantinya mengeras nyaris seperti tulang akan sangat berbahaya apalagi bila menyaluti saraf motorik, saraf paru-paru, kelenjar thyroid, akan mengakibatkan sakit asma, leher kaku, kecerdasan berkurang, gampang lupa, kepala panas, bahkan sering marah-marah seperti pada anak autis.
Kista ini juga dapat terjadi di pangkal dalam ketiak, sehingga mengganggu motorik nadi ketiak. Balita akan gampang sakit flu, pilek, panas. Bila ada saraf yang memerlukan pijatan yang agak keras pada pangkal leher, dalam ketiak, lutut dalam, pangkal tangan, lakukan secepatnya. Biarkan balita teriak, sambil menangis. Ini berguna untuk membuka klep suara, saraf bicara yang kaku, membuka rongga dada sehingga paru-parunya dapat mengembang optimal, motorik dan sistem keringatnya akan berfungsi normal pula. —adv./swa

INILAH.COM, Jakarta – Setiap orang selalu mendambakan wajah ceria, awet muda dan pigmen kulit yang bersinar. Dengan wajah fresh, kita akan tampil lebih percaya diri.

Oleh sebab itu, coba usahakan hidup disiplin. Seperti tidak merokok, jangan terlalu sering begadang, dan hindari makanan berlemak tinggi. Pilihlah makanan berkolesterol rendah.

Lebih baik banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran yang mengandung zat hijau daun yang bermanfaat bagi kulit, serta makanan berserat yang dibutuhkan oleh pencernaan.

Kemudian olahraga. Misalnya senam, olahraga pernapasan, renang, dsb. Hindari panas terik matahari secara langsung.

Lalu, hindarilah perawatan secara kimiawi. Usahakan melakukan perawatan secara alamiah atau natural, seperti meramu jamu-jamuan sebagai perawatan dari dalam.

Jangan lupa lakukan cosmetic massage untuk perawatan kulit dari luar.

Cosmetic massage adalah pijatan relaks. Menurut definisi, cosmetic massage adalah pijat/urut yang dilakukan untuk perawatan kulit tubuh (kecantikan).

Pengertian secara umum, cosmetic massage adalah pijat atau urut yang dilakukan dalam membentuk tubuh menjadi baik atau cantik.

Tujuan cosmetic massage adalah untuk membersihkan kulit, menghaluskan kulit dan menjaga kulit agar tidak cepat berkerut, warna kulit wajah cerah dan bentuk tubuh sangat baik.

Selain itu cosmetic massage juga bertujuan mencegah rambut menjadi beruban, memperindah mata, memperbesar payudara dan menjaga bentuknya tetap indah.

Jenis-jenis bentuk pijatannya adalah urut halus (dietal struking) terutama dengan ibu jari dan ujung-ujung jari tangan; gerusan halus (friction) dengan dua jari tangan yang merentang kulit dan satu jari tangan yang menggerus; memukul (tapo te man) dengan ujung-ujung jari tangan; serta skinrolling (melipat kulit) dengan satu tangan, ibu jari, dan jari-jari tangan.

Bagian tubuh yang mendapat gerakan pijat adalah seluruh permukaan dahi, sekeliling rongga mata, pipi, bagian atas dan bawah bibir, pinggiran leher bagian depan, serta payudara dan sekitarnya.

Semua gerakan pijatan dilakukan secara kontinu dan supel agar dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, gunakan krim herbal dengan baik, tepat, dan teratur. [L1]

Pijat olahraga biasanya dilakukan di lapangan olahraga. Tujuannya untuk membentuk dan memelihara kondisi badan para Olahragawan agar tetap konstan.

Sejumlah bentuk manipulasi yang dilakukan biasanya dengan cara menggosok (eflorase),

memijat (petressage), mengguncangkan (shaking), menggerus (prection), memukul (Tapo te man), dan melonggarkan persendian (chiropraktik).

Sejumlah bagian tubuh yang harus dipijat biasanya tergantung pada posisinya. Pada posisi telungkup biasanya pemijatan berlangsung bagian tubuh di tungkai atas (paha) bagian belakang dan samping, tungkai bawah bagian belakang, telapak kaki dan tumit, bokong, pinggang dan punggung

Pada posisi terlentang bagian tubuh yang biasa dipijat adalah tungkai atas (paha) atas bagian depan dan samping, tungkai bawah bagian depan, punggung telapak kaki dan telapak kaki, lengan atas dan lengan bawah, tangan dan jari-jari, dada, dan perut

Pada posisi duduk, bagian tubuh yang bisa dipijat adalah tengkuk dan bahu, serta bagian kepala

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan praktek pijat:

1. Gosokkan dan urutan selalu mengarah ke jantung (centripothal), tetapi bisa juga ke arah menyamping (centrifugal).

2. Sejumlah gerakkan manipulasi harus dilakukan dengan supel dan kontinu

3. Masing-masing manipulasi dilakukan kurang lebih lima kali tiap-tiap bagian tubuh

4. Dosis untuk masing-masing individu tidak sama, tergantung kondisi pasien.

5. Badan pasien harus benar-benar dalam keadaan rileks (istirahat, lemas, dan bersih)

6. Pasien berpakaian sedemikian minim untuk memudahkan berbagai gerakkan manipulasi

7. Massiuer berpakaian sedemikian rupa yang tidak terlalu sempit, sehingga tidak akan mengganggu pasien.

8. Pada waktu praktek, massieur tidak boleh memakai arloji, cincin, gelang, sarung tangan, kuku harus dipotong pendek, serta memakai kacamata hitam

9. Sebelum dan sesudah melakukan pijat, massiuer harus mencuci tangan dengan carbarol di depan pasien dan mempergunakan handuk kecil untuk menjaga kemungkinan keluarnya keringat massiuer. Hal-hal ini dilakukan untuk menujukkkan kepada pasien bahwa massiuer bekerja dengan tidak meninggalkan syarat-syarat kesehatan dan kebersihan

10. Pergunakan bahan pelicin seperti bedak, minyak, menurut selera pasien, dan digunakan secara efisien mungkin pada bagian tubuh yang akan di pijat.

11. Pijat harus selalu dimulai dan diakhiri dengan manipulasi eflorase.

12. Manipulasi eflorase yang dilakukan pada anggota gerak atas dan bawah, setiap selesai gosokkan tangan kembali ke sikap permulaan melalui jalan yang ditempuh semula, dengan selalu melekat pada kulit.

13. Untuk menjaga kondisi badan massiuer, sebaiknya melakukan senam sekurang-kurangnya dua kali sepekan, dan makanlah yang manis-manis seperti gula merah, permen, dsb.

14. Pada umumnya sikap tangan dan posisi massiuer selalu berada pada posisi berlawanan dengan anggota tubuh yang akan dipijat. [L1]

SEBUAH studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology mengungkapkan, orang dewasa yang secara teratur beraktivitas, baik berolahraga maupun bekerja, berisiko lebih rendah terkena kanker.

Studi yang melibatkan hampir 80.000 orang dewasa pria dan wanita di Jepang tersebut menunjukkan bahwa pria ataupun wanita yang rajin beraktivitas berisiko lebih rendah terkena berbagai jenis kanker. Setelah diteliti lebih lanjut, olahraga teratur rupanya terkait dengan penurunan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, dan kanker pencernaan.

Mereka juga mendapati bahwa efek perlindungan ini, terutama lebih kuat pada pria atau wanita dengan berat badan normal.
Hal ini tentunya mendukung teori yang menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker, setidaknya melalui berat badan yang terkontrol.

Dalam penelitian tersebut, Dr Manami Inoue dan timnya dari Pusat Kanker Nasional Jepang di Tokyo menganalisis kejadian kanker pada 79.771 partisipan pria dan wanita berusia 45-74. Antara rentang waktu 1995 dan 1999, partisipan tersebut disurvei tentang level aktivitas fisik yang mereka lakukan, diet, serta kebiasaan dan gaya hidup mereka. Peneliti terus mengikuti perkembangan ini hingga 2004, dan mendapati lebih dari 4.300 kasus kanker baru terdiagnosis.

Secara umum, peneliti mengatakan, risiko perkembangan beragam jenis kanker terkait rasa malas partisipan untuk meningkatkan level aktivitas fisik. Jika dirata-ratakan, partisipan pria yang paling sering beraktivitas fisik berisiko 13 persen lebih rendah terkena kanker dibanding pria yang paling jarang beraktivitas fisik. Adapun wanita paling aktif berisiko 16 persen lebih rendah terkena kanker dibandingkan rekan-rekan mereka yang kerjanya kerap hanya duduk diam terus menerus.

Keterkaitan ini makin nyata saat peneliti memperhitungkan sejumlah faktor lain seperti usia, berat badan, kebiasaan merokok, dan asupan kalori per hari.

Aktivitas fisik yang dimaksud tak hanya mengacu pada olahraga di waktu senggang, tapi juga jumlah waktu yang dihabiskan partisipan untuk berjalan kaki, aktivitas fisik di kantor, dan pekerjaan rumah tangga.

“Hasil penelitian kami menemukan bahwa jumlah total aktivitas fisik harian (tak hanya olahraga) mungkin bermanfaat dalam mencegah perkembangan kanker pada pria dan wanita di Jepang,” ujar Inoue.

Peneliti juga mencatat bahwa populasi warga Jepang yang rata-rata kurus mungkin memiliki keterkaitan dengan penurunan risiko kanker ini.

Dengan demikian dapat disimpulkan, aktivitas fisik mungkin membantu mencegah kanker karena setidaknya berat badan jadi terkontrol. “Secara teoritis, aktivitas fisik juga punya efek positif lainnya dalam hal menunda terjadinya kanker,” kata Inoue.

Inoue menambahkan, aktivitas fisik misalnya, dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh yang merupakan salah satu kemampuan alami tubuh dalam melawan kanker. Ini mungkin juga terkait kadar hormon tertentu, termasuk hormon seks dan faktor pertumbuhan lainnya yang dapat memicu pertumbuhan dan penyebaran tumor.

(sindo//tty)

SELEPAS menyantap sahur atau sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba (ngabuburit dalam bahasa Sunda), kegiatan apa yang biasanya dilakukan keluarga Anda? Mungkin berjalan kaki mengitari kompleks perumahan bisa menjadi alternatif. Selain murah, olahraga ini sangat menyehatkan.

Penelitian terbaru di Jepang yang dilakukan pada sejumlah 8.600 pekerja pria yang terbiasa berjalan kaki ke kantor membuktikan para pekerja tersebut memiliki kadar gula normal. Empat tahun kemudian, kesehatan mereka dievaluasi kembali. Hasilnya? Semakin banyak waktu tempuh yang dihabiskan untuk berjalan kaki, makin rendah risiko terkena diabetes tipe 2.

Seperti dilaporkan dalam jurnal kesehatan Diabetes Care, para peneliti dari Jepang mengatakan dengan berjalan kaki, tubuh lebih sensitif terhadap insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan berjalan kaki, stres pada bagian tubuh termasuk paha, lutut, dan pergelangan kaki akan berkurang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa berjalan kaki mengurangi risiko osteoporosis (keropos tulang).

Jadi, jangan takut capek, berjalan kaki sambil menanti azan maghrib tiba justru baik untuk kesehatan. Selamat ngabuburit.

(Mom& Kiddie//tty)

Banyak jalan untuk melangsingkan badan. Padahal ada cara yang lebih sehat, mudah, dan murah, yakni dengan berolahraga dan diet rendah karbohidrat. Wanita model kaliber dunia yang pernah membintangi
iklan produk pizza terkenal ini menyatakan, untuk mempertahankan bobot
badan ideal agar tetap tampak semampai ia rajin melakukan olahraga
loncat tali. “Saya mengurangi makan pasta yang selalu dianjurkan para ibu Italia,” ujarnya.  Makan siang dan malam tetap pasta tapi dengan porsi kecil.” Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi
daging, diet buah-buahan, membatasi makan nasi dan makanan
berkarbohidrat tinggi lain seperti makanan dari terigu, jagung,
singkong, atau ubi, serta mengurangi konsumsi gula. Banyak juga iklan di media masa yang menjanjikan penurunan bobot badan sampai beberapa kilogram hanya dalam beberapa minggu. Begitu beragamnya kiat yang bisa dilakukan, justru sering membuat orang bingung, mana cara yang paling efektif. Menurut dr. Sadoso Sumosardjuno, D.S.O.R, pakar
kesehatan olahraga dan pimpinan Manggala Health Screening Center,
Jakarta, menurunkan bobot badan secara sehat, yang terbaik dengan
mengatur makan disertai olahraga. Diet rendah lemak dikombinasi dengan aerobik low
impact, bagi dia merupakan satu-satunya cara untuk mengontrol kebugaran
dan berat badan. Ia menghindari daging merah, tapi tetap makan daging ayam, ikan, makanan dari terigu, dan mengkonsumsi banyak sayur. “Walaupun saya bukan atlet atau memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tapi badan saya lentur.
Kini saya terus berusaha menambah daya tahan tubuh dengan latihan fisik
secara rutin seperti naik sepeda dan berjalan kaki,” tambahnya. akaran intensitas latihan untuk olahraga aerobik,
seperti lari, lari ditempat, berenang, bersepeda, bersepeda stasioner,
jalan kaki, dan lain-lain dapat diketahui dari denyut nadi. Denyut nadi maksimal yang boleh dicapai adalah 220 minus umur (dalam tahun). Misalnya, Anda berusia 45 tahun sebaiknya berlatih
sampai denyut nadi antara 126 – 152 per menit yang berarti sudah masuk
dalam zone latihan.
Agar latihan ada pengaruhnya terhadap jantung dan peredaran darah,
sebaiknya latihan dilakukan hinga mencapai zona latihan dan terus
diusahakan berada dalam zona itu paling sedikit 20 – 45 menit. Bagi yang kegemukan bisa 5 – 6 hari seminggu. Menurut Sadoso, jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang teraman, membakar cukup banyak kalori, mudah, dan murah.

Jangan ketat-ketat
Turunnya berat badan tentu saja harus dibarengi dengan kondisi tubuh yang sehat sekaligus bugar. Karena itu diet yang sehat untuk melangsingkan tubuh, menurut Sadoso, tidak boleh terlalu ketat. Membiasakan diri makan setiap tiga jam sekali, tapi
dijaga keseimbangan input dan output-nya (porsi makanan yang dikonsumsi
seimbang dengan porsi kegiatan yang dilakukan). Dengan membatasi asupan karbohidrat, protein dan lemak
tidak mudah dipecah karena energi pemecahnya kurang sehingga tidak
banyak yang tertumpuk dalam tubuh. Buah-buahan
yang tidak mengandung banyak karbohidrat tetapi banyak air macam
pepaya, belimbing, semangka, jambu, apel sangat dianjurkan.
Tapi kurangi konsumsi buah manis seperti pisang, melon, sawo, angggur,
mangga karena banyak mengandung fruktosa yang akan menjadi glukosa
dalam darah. Dengan pola ini bobot tubuhnya yang semula 76 kg dengan tinggi 158 cm bisa berkurang 16 – 17 kg dalam tempo dua tahun. Dengan begitu lemak tubuh berkurang dan bobot badan menjadi turun. Agar tubuh lebih kencang, Ina melakukan olahraga apa saja yang disukai. Kalau sampai bobot turun 5 kg dalam tiga hari, misalnya, penurunan bobot tampak cepat berhasil, tapi bobot akan cepat naik lagi. ni yang dinamakan “sindrom yoyo”, kurus dan gemuk
saling bergantian sehingga tekanan darah pun akan cepat naik, yang
tentu berdampak negatif buat jantung.

Untuk orang dewasa bobot badan dibedakan atas bobot badan normal (BBN) dan bobot badan ideal (BBI). BBN pria dan wanita setelah 35 tahun adalah tinggi badan (sentimeter) dikurangi 100. Indeks ini diperoleh dari pembagian bobot badan (kilogram) dengan nilai kuadrat tinggi badan (meter). Pada wanita angka indeks yang diinginkan antara 21 -23 dan pria 22 – 24. Program penurunan berat badan perlu dikombinasi dengan
olahraga, sebab menurut kedua pakar itu, dengan diet makanan saja
ternyata berkurangnya bobot badan tidak semuanya akibat menyusutnya
lemak (63%) tetapi juga otot alias daging kita (37%). Tambahan lagi, kalau terkikis terus, otot akan mengecil dan kondisi tubuh kita tidak akan stabil. Penurunan bobot badan dengan olahraga dan diet itu syaratnya disiplin yang tinggi. Tambahan lagi, penyedotan yang berulang kali akan meninggalkan bekas penusukan jarum. Menurut Sadoso, cara ini juga mustahil bisa mengecilkan bagian-bagian tertentu misalnya betis yang besar. Obat atau ramuan itu umumnya bersifat diuretik yang membuat peminumnya sering buang air kecil. Obat yang bisa menyebabkan dehidrasi ini membuat makanan yang masuk tidak sempat diserap tubuh tetapi langsung dibuang.
Obat antigemuk kombinasi antara fenfluramine dan phentermine pernah
beredar tetapi kemudian dilarang karena beberapa wanita gemuk yang
menggunakannya terkena gangguan serius pada klep jantungnya.

Zat ini, katanya, bisa memblokir setiap enzim yang tugasnya menghancurkan molekul lemak. Karena molekul lemak yang masuk tak dihancurkan, maka ia tidak akan masuk ke dinding usus dan akan keluar begitu saja. Efeknya, begitu orang makan yang mengandung banyak lemak, tak lama kemudian ingin buang air besar. Namun, dengan mengubah pola makan ke makanan yang kurang lemak, efek sampingan ini konon bisa diatasi. Namun, obat ini hanya boleh digunakan bagi mereka yang berhasil menurunkan bobot badan sampai 5% dalam tiga bulan pertama. Di samping itu, menurut Annette Braun dari Organisasi
Pangan dan Obat-obatan Jerman, zat itu ikut menghancurkan asam lemak,
vitamin A, D, dan E yang dibutuhkan tubuh.

Akan lebih baik lagi kalau berkonsultasi dengan dokter ahli bila hendak melangsingkan badan.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.