Akupresur merupakan bagian dari akupuntur (perawatan dengan teknik merangsang titik-titik nadi dan jalannya meridien dalam tubuh dengan menggunakan jarum). Hanya saja, akupresur tidak menggunakan jarum, melainkan dengan jari-jari tangan. Boleh dibilang, akupresur relatif lebih mudah, sederhana dan cukup efektif. Untuk Anda yang tak sempat mendatangi ahli, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Titik-titik mana saja yang perlu diperhatikan.

Mata

            Pijatan di daerah mata bermanfaat untuk menghilangkan kantong mata, mengurangi lingkaran hitam pada mata akibat kurang tidur dan stres, dan menghilangkan kerut akibat penuaan dini. Perawatan ini dapat dibantu dengan pemakaian krim mata dan istirahat yang cukup.

  • Pijat daerah di antara mata (sudut mata dalam) dengan menggunakan jari tengah, tekan sambil diputar ke arah dalam selam alima detik sebanyak lima kali.
  • Tataplah mata ke arah depan, pijatlah titik yang berada di tengah-tengah bawah bola mata atau di atas tengkorak mata. Tekan sambil diputar ke arah dalam selama lima detik sebanyak lima kali.
  • Pijat daerah 0,3 inci dari sudut mata terluar sambil diputar ke arah dalam, selama lima detik sebanyak lima kali putaran.

Alis

            Terapi yang dipusatkan di daerah alis ini bermanfaat untuk meminimalisir kerutan-kerutan yang ada di sekitar ujung alis dan dahi.

  • Letakkan telunjuk dan jari tengah di atas jembatan hidung. Dorong ke atas, ke garis rambut, lalu pisahkan tangan dam luncurkan jari-jari ke arah pelipis. Buat gerakan melingkar kecil. Ulangi proses ini, tetapi pisahkan tangan pada titik yang lebih rendah, hingga meliputi seluruh dahi.
  • Letakkan telapak ibu jari di bawah ujung bagian dalam masing-masing alis. Dorong ke atas beberapa detik. Lalu, cubitlah tiap alis dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan ke arah luar.

Hidung

            Sebagai daerah segitiga, hidung juga rawan terhadap kerutan. Pijatan di sekitar hidung, akan membersihkan kerutan-kerutan halus di area ini.

  • Tekan kiri kanan cuping hidung bagian luar, tepatnya 0,4 inci dari sudut cuping hidung, sambil diputar ke arah dalam selama lima detik, sebanyak lima kali.

Mulut

            Seperti juga dahi, kerutan sering muncul di daerah sekitar mulut ini. Sebenarnya ada kebiasaan ringan yang bisa diterapkan untuk melatihi otot-otot mulut, yaitu dengan sering menguyah. Sangat dianjurkan menguyah makanan sebanyak 32 kali dulu sebelum ditelan.

  • Ekan di kiri kanan sudut bibir, tepatnya 0,4 inci dari sudut bibir ke arah luar selama lima detik sebanyak lima kali. Sambil dipijat putar ke arah dalam.
  • Tekan titik yang letaknya sepertiga dari garis tengah bibir bawah ke arah dagu selama lima detik. Putar ke arah dalam juga. Lakukan sebanyak lima kali.
  • Cubit sekitar dagu dan garis rahang menggunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Lalu pijatlah otot-otot kunyah dengan gerakan melingkar, selama lima detik. Lakukan sebanyak lima kali.
  • Keluarkan suara Wuu dan Yii sebanyak 10 kali untuk melemaskan otot-otot muka.

Pipi dan telinga

            Pemijatan di daerah ini terutama untuk membuat melancarkan peredaran darah wajah, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Titik-titik yang ditekan pada daerah ini bermanfaat untuk membuat wajah terlihat lebih kencang, halus dan bersinar.

  • Tekan di atas, di bawah, dan di sekitar tulang pipi dengan menggunakan ibu jari. Dorong berat kepala ke arah ibu jari. Tekan ke luar menuju telinga.
  • Remas kedua cuping telinga dengan telunjuk dan ibu jari. Lalu naik dan tarik bagian atasnya. Kini, pijat bagian bertulang di belakang telinga dengan jari-jari dalam gerakan melingkar kecil. Lakukan sebanyak lima kali.
  • Tepuk-tepuk pipi ke arah atas sebanyak 10 kali dengan tepukan ringan. Teknik ini untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Tangan

            Meski sebagian besar titik kecantikan ada di wajah, namun, titik ditangan juga tak kalah pentingnya. Karena berguna untuk melancarkan peredaran darah secara keseluruhan.

  • Tekan titik di tangan, di tengah-tengah pertemuan antara jempol dan telunjuk, selama tiga detik. Lakukan sebanyak lima kali.

(Oleh : Anavi Krisyanti)

Dikutip dari : abad21.com