Pemijatan bisa dilakukan dengan tangan kering. Namun, pergeseran tangan akan lebih mulus, jika menggunakan minyak pijat atau lotion.

Untuk pijat relaksasi atau sensual, belilah minyak khusus yang dijual di toko-toko perawatan tubuh. Atau gunakan minyak nabati yang ada di sekeliling. Contohnya, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak bunga matahari. Bila dikehendaki, campur minyak itu dengan minyak esensial sebagai pewangi seperti patchouli, sandalwood, ylang-ylang, melati, dan mawar. Untuk memudahkan penggunaan, tempatkan minyak dalam wadah botol dengan tutup flip-flop, bukan dengan tutup putar.

Cara terbaik menggunakannya dalam pijat relaksasi atau sensual adalah dengan menghangatkannya terlebih dahulu dengan menggosok-gosokkannya selama beberapa detik di antara dua telapak tangan pemijat. Atau letakkan botol minyak pijat itu di dalam air hangat selama beberapa menit sebelum digunakan. Minyak dalam keadaan dingin bisa membuat kulit “kaget”.

Oleskan minyak pijat pada setiap bagian tubuh yang akan dipijat saja. Setelah itu, gosok minyak itu di atas kulit dengan tekanan lembut tapi kuat. Setelah pemijatan, minyak yang tertinggal di permukaan kulit dapat dibersihkan dengan handuk.

Pelicin juga dibutuhkan ketika melakukan pijat genital, baik untuk suami maupun istri. Khusus untuk pijat genital istri sebaiknya digunakan pelicin berbahan air untuk mencegah kemungkinan infeksi vagina. Satu lagi yang perlu diingat, bila menggunakan lubrikan berbahan dasar cair, jangan gunakan yang mengandung nonoxynol-9. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi. **