KapanLagi.com – Memijat bagian-bagian tertentu telinga ternyata efektif untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas, kata akupunturist dan ahli pijat telinga di Jakarta.

“Memijat pada empat titik telinga bagian dalam dapat dijadikan terapi untuk kegemukan dan relatif mudah dilakukan,” kata akupuntuist dan ahli pijat telinga, Oei Gin Djing, di Jakarta, Rabu (18/10/06).

Pijat untuk mengatasi kegemukan dapat dilakukan dengan cara memijat menggunakan biji-bijian di tulang telinga bagian dalam dan tulang batas telinga dengan bagian pipi.

Ia mengatakan, pemijatan tersebut sebaiknya dilakukan dengan teratur dan pasien harus menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan kegemukan, seperti makan berlemak yang berlebihan.

“Penderita obesitas juga harus tetap berolahraga secara teratur,” katanya.

Menurut dia, berat badan yang melebihi batas normal dapat mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kencing manis, tekanan darah tinggi, peradangan sendi, penyakit jantung, dan penyempitan pembuluh darah otak.

Ia mengatakan, pijat telinga dapat djadikan terapi yang mudah dan murah untuk mengatasi kegemukan dan telah terbukti empiris pada beberapa pasien di kliniknya di Sunter, Jakarta Pusat.

Terapi ini dapat dilakukan sendiri dan mudah dipelajari bagi orang yang awam tentang titik-titik pijat akupuntur sekalipun, katanya.

Pijat telinga juga dapat menyembuhkan penyakit seperti gangguan mata, gangguan pencernaan, rematik, hipertensi, hipotensi, dan penyakit THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).

Menurut Gin Djing, pada pijat telinga bila suatu organ atau anggota tubuh mengalami sakit, maka akan timbul titik atau kepingan pada daun telinga.

“Keadaan ini merupakan refleksi gangguan pada organ atau anggota tubuh terkait. Titik atau kepingan dari reaksi positif itu merupakan titik utama terapi,” katanya.

Pijat telinga atau disebut juga akupuntur telinga merupakan bagian dari pengobatan tradisional China dan telah dipraktekkan sejak ribuan tahun lalu.

Beberapa abad sebelum masehi, dalam buku Huang Ti Nei Cing atau buku Kedokteran Kaisar Kuning bagian Ling Su disebutkan, telinga bukan suatu organ yang berdiri sendiri, tetapi berhubungan dengan seluruh organ dalam dan seluruh anggota tubuh.

Oleh karena itu, dengan merangsang titik-titik tertentu pada telinga berbaga macam penyakit termasuk obesitas dapat disembuhkan, katanya. (*/rit)