RamuRacik – Hampir semua makhluk hidup di bumi ini pasti pernah merasakan stres. Biasanya, stres yang menimpa manusia banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Atau, datang dari tubuh dan pikiran kita sendiri. Karena gangguan ini begitu dekat dengan diri kita, tak ada salahnya kita mengetahui lebih cara mengusir stres secara alami.

Gangguan stres yang terjadi pada diri kita merupakan masalah normal. Karena, tubuh kita ini dirancang untuk mengalami dan bereaksi terhadap gangguan stres. Namun di balik itu, stres bisa memberi dampak yang positif bagi kita. Hal ini disebabkan, stres akan membuat kita selalu berjaga-jaga untuk menghindari bahaya.

Di sisi lain, stres bisa menjadi sangat negatif jika tak langsung diatasi. Karena, reaksi buruk yang muncul dari stres adalah adanya gangguan keseimbangan dalam tubuh. Akibatnya, sakit kepala, sakit perut, tekanan darah naik, dada sakit hingga susah tidur, akan melanda kita.

Lantas, bagaimana cara mengusirnya? Bagi Anda yang suka mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan, dan mengisap rokok, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu. Justru, jika itu dilakukan, akan menambah dampak negatif.

Berikut ini, beberapa cara untuk mengatur stres secara alami.

  1. Bertindak dan berpikir positif. Jangan pernah sekali-kali Anda berpikir negatif terhadap orang lain. Sekali saja Anda melakukannya, jangan harap otak Anda akan berhenti berpikir. Cobalah berpikir positif terhadap sesuatu yang menimpa Anda. Ambillah hikmah yang menimpa diri Anda menjadi sesuatu yang positif. Kemudian, bersikaplah positif ketika Anda melakukan solusi dari sebuah persoalan.
  2. Keterbatasan. Manusia dilahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebaiknya, Anda harus menyadari hal ini. Sehingga, Anda tidak merasa sengsara ketika tidak dapat mengatasi sebuah persoalan.
  3. Bersikap assertive bukan agresif. Tidaklah mudah meredam amarah. Namun, semakin kita emosi, semakin banyak energi yang keluar. Sebaiknya, bersikaplah tegas terhadap perasaan, pendapat serta kepercayaan dalam diri dibandingkan mementingkan rasa marah, defensif, atau pun pasif.
  4. Belajar dan latihan rileksasi. Tak ada salahnya Anda membaca buku atau melihat film rileksasi. Tentunya ini sangat berguna untuk otak Anda agar tidak bekerja terlalu keras.
  5. Olahragalah. Ketika Anda secara teratur melakukan aktivitas olahraga, tubuh akan lebih kuat menghadapi stres. Sebab, tubuh kita selalu dalam kondisi sehat dan bugar.
  6. Makanan sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan yang sehat dan berimbang. Ingat, menu makanan 4 sehat 5 sempurna, harus dilakukan setiap hari.
  7. Istirahat dan tidur. Tubuh kita bukanlah mesin yang tidak mengenal lelah. Jadi, sebaiknya, ciptakanlah sebuah kesempatan agar tubuh kita ini bisa beristirahat dan cukup tidur. Jika tubuh ini sudah istirahat, otomatis pemulihan di dalam tubuh pun akan terjadi.
  8. Sosialisasi. Percayalah, teman yang banyak akan membuat hati lebih ceria dan terhindar dari berbagai pikiran berat. Ingat, punya seribu teman masih sedikit. Tapi, satu orang musuh itu terlalu banyak.

Selamat mencoba! [DAN]