Manusia kota umumnya mempunyai aktivitas padat seharian yang biasanya menghabiskan energi fisik dan mental. Karena sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup, mereka merasa tidak terganggu. Padahal tanpa disadari, mereka sudah terjebak dalam sebuah rutinitas yang dapat mengganggu keseimbangan jiwa raga. Kalau didiamkan terus lama kelamaan tubuh akan merasakan lelah yang luar biasa dan akhirnya jatuh sakit.

Kalau sudah sakit, siapa coba yang paling merasakan getahnya? Ya, kita sendiri dong. Padahal kelelahan fisik dan mental itu bisa dihindari lho, yakni dengan banyak bergerak atau melakukan aktivitas fisik. Tujuannya sederhana banget : supaya peredaran darah menjadi lancar. Kalau aliran darah ada yang menghambat maka sederet penyakit pun akan datang ke tubuih kita.

Contohnya nih, kalau saja peredaran darah ke otak tidak lancar, maka kita akan mudah terserang pusing, gampang mengantuk, sampai ke kondisi vertigo untuk tingkat yang parah. Lain lagi kalau peredaran darah ke jantung tidak lancar, maka kita akan terkena resiko serangan jantung dan stroke. Waduh, jangan deh.

Nah, supaya peredaran darah tetap lancar coba deh mulai lakukan beberapa aktivitas berikut ini. Ambil salah satu saja untuk tahap awal, nanti kalau sudah terbiasa bisa ditambah satu atau dua sekaligus.

  1. Berolahraga selama 30 menit sehari. Ini memang aktivitas fisik yang paling ideal untuk kesehatan tubuh.
  2. Belajar atau kerja keras boleh saja. Tapi jangan lupa untuk melemaskan otot-otot selama lima sampai sepuluh menit setiap satu setengah jam.
  3. Perbanyak gerakan untuk tubuh ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Misal, turun dari kendaraan di tempat yang agak jauh dari pintu masuk, jadi kita bisa berolahraga jalan kaki.
  4. Gunakan tangga biasa untuk naik turun sampai empat lantai. Awalnya, cukup satu lantai dulu supaya tubuh tidak kaget. Kalau terlalu banyak juga tidak baik karena terlalu melelahkan.
  5. Setelah satu jam melihat komputer, cobalah melihat ke arah yang lebih jauh, sedikitnya enam meter. Usahakan melihat pemandangan pepohonan atau padang rumput karena warna hijau dapat menyejukkan mata lelah.
  6. Jaga pola makan karena tubuh juga butuh nutrisi. Paling ideal adalah makan tiga kali sehari dengan jumlah yang wajar. Kalau tidak mau gendut atau obesitas, kurangi atau kalo bisa hindari kegiatan mengemil.

– Dirangkum dari berbagai sumber.