Punya niat pergi liburan ke luar kota, atau mungkin ke luar negeri? Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan dengan seksama, yakni keuangan, perlengkapan dan tentu saja diri kita. Banyak hal-hal baru yang kita dapati pada saat berkunjung ke suatu daerah baru, tidak terkecuali penyakit. Bisa jadi daerah yang akan kita kunjungi itu terkena kuman baru yang dibawa oleh para pendatang.

Langkah pertama yang harus disiasati adalah kenali lingkungan yang akan kita kunjungi. Cari tahu sedang musim apa daerah tersebut pada saat kita ke sana, berapa temperatur umumnya dan juga bagaimana kondisi geografisnya. Jadi minimal kita tidak membawa kostum yang salah, misal membawa celana pendek padahal cuacanya sedang dingin, atau sebaliknya.

Langkah berikutnya, adalah dengan menerapkan saran-saran berikut di bawah ini. Selamat berlibur!

  1. Musim hujan dengan kelembaban tinggi bisa membuat bakteri, virus, kuman dan jamur tumbuh subur, terutama di daerah tropis kayak negara kita ini. Tidak salah kalau kita melakukan vaksinasi atau suntikan sebelum bepergian untuk membuat tubuh kita kebal akan suatu virus tertentu, macam penyakit malaria, demam berdarah atau flu.
  2. Bawalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi apabila ada, atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan, macam obat antiseptik, alkohol, kapas, balsem penghangat, dll.
  3. Apabila daerah tujuan cukup panas, lengkapi diri dengan kacamata hitam untuk melindungi mata dan cairan penahan tabir surya (sun-block) untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.
  4. Sebaliknya, pada suhu udara yang rendah dan cenderung ke titik beku, lindungi kulit dari kekeringan dengan memakai lotion tubuh dengan kadar pelembab tinggi. Begitu pula dengan daerah bibir agar tidak pecah-pecah.
  5. Banyaklah minum air, supaya tidak terkena dehidrasi (kondisi kekurangan cairan tubuh). Pastikan air yang kita minum sudah steril, atau minimal mendidih. Apabila ragu, pilihlah air dalam kemasan, macam air mineral atau teh.
  6. Selalu gunakan alas pelindung tapak kaki, macam sandal, kaos kaki atau sepatu. Hal ini baik untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit kulit.
  7. Bersihkan badan, minimal sehari sekali, terutama apabila kita sering berkeringat, berenang di air yang tidak terjamin kebersihannya atau memakai kamar mandi bersama.
  8. Daerah tropis selalu dihuni nyamuk. Jadi bawalah selalu obat anti nyamuk yang dapat dioleskan ke kulit.
  9. Pilihlah tempat makanan yang sudah terjamin kebersihan makanannya. Usahakan makanan tersebut baru dimasak pada saat kita pesan, bukan makanan kemarin yang dihangatkan kembali.
  10. Hindari makanan yang dimasak setengah matang atau dimasak sebagian, karena bakteri yang terdapat pada makanan tersebut tidak mati dan bisa terbawa ke tubuh kita. Pilih selalu buah-buahan yang masih bersama kulitnya untuk menjamin kebersihannya.
  11. Sebisa mungkin jangan merubah jadwal makan dan tidur kita, karena dapat menganggu ketahanan tubuh. Rencanakan dari awal segala sesuatunya sehingga hanya terjadi sesedikit mungkin perubahan pada rutinitas tersebut.

– Dirangkum dari berbagai sumber.