Penulis : Purwanti

Foto : google.com/image

Bulan Ramadhan sudah didepan mata, sambut dan jalani Ramadhan dengan penuh sukacita agar keberkahan tetap memancar. Namun kadang kala persiapan menuju bulan puasa ini tidak dipersiapkan sebaik mungkin, akibatnya ibadah tidak berjalan maksimal karena persiapan yang tidak matang.

Persiapan fisik

Anda perlu mempersiapkan fisik yang bugar dan sehat menyambut bulan suci ini. Seperti berolahraga teratur, paling tidak 30 menit setiap hari. Membiasakan diri tidur cukup, paling tidak 7-8 jam perhari. Mengonsumsi vitamin dan atau suplemen makanan yang dibutuhkan dan sesuai dengan aturan.

Puasa terkait dengan bagaimana Anda menahan makan dan minum, pola makan kita diluar bulan puasa sebaiknya tidak diterapkan di bulam Ramadhan ini. Pola makan Anda pada bulan Ramadhan, sebaiknya diatur. Ketika sahur, makanlah makanan yang berkuah dan mengandung nutrisi sekaligus vitamin agar tetap fit saat puasa. Selipkan penutup seperti buah-buahan atau jus buah. Untuk menu berbuka, hindari gorengan dan es.

Awali menu berbuka Anda dengan mengonsumsi minuman atau makanan manis, karena makanan atau minuman manis dapat mengganti glukosa yang hilang saat berpuasa seperti segelas teh hangat manis dan sepotong kue manis.

Ada beberapa tips yang dapat Anda jalankan agar puasa Anda tetap fit dan bugar :

1. Olahraga ringan setiap hari, Anda bisa menyelipkannya pada saat pagi (setelah shalat subuh). Anda bisa memilih jenis olahraga yang tidak terlalu menguras keringat, senam ringan selama 10-20 menit sudah cukup bagi Anda. Atau waktu yang paling tepat adalah satu hingga 30 menit sebelum berbuka, sehingga Anda tidak perlu waktu yang cukup lama untuk mengganti cairan tubuh ketika berbuka.

2. Untuk menghindari bau nafas tak sedap saat Anda berpuasa, Anda bisa berkumur dengan rebusan air daun sirih setelah menyikat gigi usai sahur dan sehabis berbuka.

3. Jika Anda merasa membutuhkan vitamin, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter Anda. Vitamin bukan sebagai pengganti cadangan makanan Anda selama berpuasa. Anda perlu mengetahui vitamin apa yang akan Anda konsumsi, dan jumlahnya yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

4. Untuk ibu hamil dan menyusui yang tetap ingin berpuasa, sebaiknya mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter. Sehingga, Anda mengetahui sejauhmana tingkat risiko bagi Anda dan janin atau bayi.

Untuk menjaga stamina ketika berpuasa tetap fit dan bugar, sebelum makan sahur Anda dapat mengonsumsi 2 sendok madu murni. Kandungan gula yang terdapat pada madu dapat memberikan energi ekstra ketika Anda berpuasa.

Akhirnya….Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

Sumber : mediaindonesia.com