INILAH.COM, Jakarta – Setiap orang selalu mendambakan wajah ceria, awet muda dan pigmen kulit yang bersinar. Dengan wajah fresh, kita akan tampil lebih percaya diri.

Oleh sebab itu, coba usahakan hidup disiplin. Seperti tidak merokok, jangan terlalu sering begadang, dan hindari makanan berlemak tinggi. Pilihlah makanan berkolesterol rendah.

Lebih baik banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran yang mengandung zat hijau daun yang bermanfaat bagi kulit, serta makanan berserat yang dibutuhkan oleh pencernaan.

Kemudian olahraga. Misalnya senam, olahraga pernapasan, renang, dsb. Hindari panas terik matahari secara langsung.

Lalu, hindarilah perawatan secara kimiawi. Usahakan melakukan perawatan secara alamiah atau natural, seperti meramu jamu-jamuan sebagai perawatan dari dalam.

Jangan lupa lakukan cosmetic massage untuk perawatan kulit dari luar.

Cosmetic massage adalah pijatan relaks. Menurut definisi, cosmetic massage adalah pijat/urut yang dilakukan untuk perawatan kulit tubuh (kecantikan).

Pengertian secara umum, cosmetic massage adalah pijat atau urut yang dilakukan dalam membentuk tubuh menjadi baik atau cantik.

Tujuan cosmetic massage adalah untuk membersihkan kulit, menghaluskan kulit dan menjaga kulit agar tidak cepat berkerut, warna kulit wajah cerah dan bentuk tubuh sangat baik.

Selain itu cosmetic massage juga bertujuan mencegah rambut menjadi beruban, memperindah mata, memperbesar payudara dan menjaga bentuknya tetap indah.

Jenis-jenis bentuk pijatannya adalah urut halus (dietal struking) terutama dengan ibu jari dan ujung-ujung jari tangan; gerusan halus (friction) dengan dua jari tangan yang merentang kulit dan satu jari tangan yang menggerus; memukul (tapo te man) dengan ujung-ujung jari tangan; serta skinrolling (melipat kulit) dengan satu tangan, ibu jari, dan jari-jari tangan.

Bagian tubuh yang mendapat gerakan pijat adalah seluruh permukaan dahi, sekeliling rongga mata, pipi, bagian atas dan bawah bibir, pinggiran leher bagian depan, serta payudara dan sekitarnya.

Semua gerakan pijatan dilakukan secara kontinu dan supel agar dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, gunakan krim herbal dengan baik, tepat, dan teratur. [L1]