makasar

SALAH satu penyakit tropis yang sangat mengancam jiwa manusia adalah penyakit malaria. Sulawesi Selatan dan daerah lainnya di Indonesia adalah wilayah beriklim tropis. Makanya tak aneh jika banyak penduduk di daerah ini kerap diserang malaria.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium dan menyerang sel darah merah (eritrosit) serta menurunkan jumlah erotrosit dalam tubuh hingga menyebabkan kematian jika tak ditangani sejak dini.

Beberapa jenis malaria yang menyerang di antaranya adalah malaria tertiana yang disebabkan oleh Plasmodium vivax dan malaria tropika yang diserang oleh Plasmodium falciferum.

Penyakit ini harus segera ditindaklanjuti dengan pengobatan dan penderita yang mengidap penyakit ini pun harus waspada jangan sanpai kekeblan tubuhnya menurun dan dapat terserang balik penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini.

Pengobatan dengan tanaman herbal dapat menjadi solusi. Tanaman Buah Makassar atau Brucea javanica atau biasa disebut tambara marica bagi masyarakat Bugis Makassar menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan untuk digunakan sebagai obat herbal.

Tamanan dari famili Simarubaceae ini mengandung alkaloid brucamarine, yatanine, glikosida brucealin, yatanoside A dan B, kosamine, dan fenol (brucenol, bruceolic acid).

Bijinya mengandung brusatol dan bruceine A, B, C, E, F, G, H. Daging buahnya mengandung minyak lemak, asam oleat, asam linoleat, asam stearat, dan asam palmitoleat. Buah dan daunnya mengandung tanin. (ira eka pratiwi)

Bisa Disentri dan Kanker
Tambara marica tak hanya ampuh mengobati sakit malaria saja. Penyakit berat lainnya seperti kanker, disentri, juga penyakit cacingan, wasir, dan keracunan makanan dapat ditangkal oleh tanaman ini.

Buah Makasar berbentuk bulat telur dan berupa buah batu berwarna putih. Helai daun tanaman ini berbentuk lanset memanjang dengan ujung yang meruncing, pangkal berbentuk baji dengan tipi yang bergerigi kasar dan jumlah anak daun lima hingga 13 per tangkai.

Buah Makassar ini mampu menetralkan racun di dalam tubuh. Dan kandungan zat aktif berupa sam oleat, bruceine, dan yatanoside A & B, yang berkhasiat antikanker. Selain itu, dari data penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sari buah makasar memiliki khasiat sebagai antelmintik (obat cacing).

Untuk pencegahan malaria, ambil isi 10 buah makassar, lalu giling sampai halus. Masukkan ke dalam kapsul, lalu minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini tiga  kali sehari selama tiga hari. Selanjutnya, dosis dikurangi setengahnya (5 buah) dan minum selama 5 hari. (ira eka pratiwi)

Resume
Khasiat Buah Makassar
* Obati malaria
* Mencegah kanker
* Obati disentri
* Untuk diare dan cacingan
* Menetralkan racun

Sumber : http://www.tribun-timur.com