DALAM bulan suci Ramadan ini, umat muslim tak hanya diwajibkan untuk berpuasa dari makanan dan minuman, tapi juga mesti membersihkan jiwa dan introspeksi diri serta lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Untuk itu, berpuasa adalah cara paling baik untuk membersihkan diri baik secara mental, fisik, maupun spiritual. Inilah beberapa tips berpuasa agar Anda setap sehat baik jiwa maupun raga.

1. Berniat ikhlas untuk puasa
Puasa bukanlah hanya persoalan tidak makan dan minum, tapi juga menahan hawa nafsu dan membersihkan diri dari segala hal yang bersifat duniawi. Untuk itu, sebelum berpuasa, persiapkanlah diri dahulu dengan berniat ikhlas untuk berpuasa dengan memahami mengapa Anda harus berpuasa dan apa yang ingin Anda dapatkan dari puasa di bulan suci ini.

2. Usahakan untuk selalu sahur
Ibadah sahur memiliki kekuatan tersendiri bagi ketahanan tubuh untuk puasa. Makanan sahur merupakan sumber energi dan kekuatan bagi tubuh untuk berkegiatan selama satu hari tanpa adanya asupan nutrisi. Meski hanya makanan ringan, sebisa mungkin bangunlah pada dini hari dan makan sesuatu. Lakukan sahur mendekati imsak agar Anda tak merasa ngantuk atau malas beribadah salat subuh.

3. Minum banyak air saat sahur dan berbuka
Berpuasa selama sehari tentu akan mengurangi cairan dalam tubuh. Anda pun akan merasa dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya Anda meminum banyak cairan saat sahur maupun berbuka puasa. Jika Anda enggan memakan santapan sahur, cobalah meminum air saja.

4. Hindari kegiatan yang menguras tenaga
Berkegiatan dengan aktivitas padat sembari berpuasa memang terkadang merupakan suatu cobaan. Untuk itu, Anda sebenarnya ditantang berutinitas tanpa adanya asupan. Hindarilah aktivitas yang menguras tenaga sehingga dapat menyimpan energi Anda. Biasanya, di bulan Ramadan kantor dan sekolah mengurangi waktu berkegiatannya. Jangan sampai tenaga Anda terkuras habis, simpan energi untuk dapat beribadah secara maksimal.

5. Jangan paksakan puasa
Beberapa orang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Untuk muslim, jika sakit, ia diperbolehkan tak berpuasa, tapi mesti menggantinya di hari lain. Ada juga keadaan yang memperbolehkan seseorang tidak berpuasa seperti dalam perjalanan, hamil, dan menyusui. Dan, jangan paksakan diri berpuasa jika memang kondisi kesehatan tak memungkinkan. Memang, puasa cara terbaik untuk pembersihan diri, tapi bila memang tak memungkikan untuk berpuasa ada banyak cara untuk beribadah saat Ramadan seperti berdoa dan berbuat amal.

6. Jaga semangat puasa
Berpuasa pada Ramadan juga merupakan sebuah pelatihan yang luar biasa. Nantinya kita akan terbiasa untuk berpuasa, tapi jangan sampai semangat kendur ketika Ramadan berakhir. Jika sudah terbebas dari kebiasaan buruk, janganlah kembali melakukannya kita. Jagalah semangat berpuasa Anda dengan rutin berpuasa untuk ke depannya seperti melakukan puasa Senin-Kamis.

Sumber : Media Indonesia