Bekam adalah nama lain dari al- hijamah (Arab), cupping (Inggris), ba guan (China)Istilah bekam berasal dari bahasa melayu (yang diadaptasi juga dalam Bahasa Indonesia), yang berarti melepas (membuang) darah kotor (toksin) dan / atau angin dari badan.Dari Ibnu Umar, r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda,
”Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada melainkan para Malaikat mengatakan, ”Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist (cendana india) dan syuniz (jintan hitam)”.
dsc00289

Menggambarkan pentingnya bekam, ulama terkemuka dari Kairo, Syekh Muhammad Yusuf Qardhawi menyatakan, ”Kalau suatu negara kefakiman ahli bekam, niscaya kebinasaan mengancam, yang berarti pula mereka menyerahkan dirinya kepada kebinasaan. Padahal Tuhan yang menurunkan penyakit, Dia juga menurunkan obatnya dan Ia membimbing umat manusia untuk menggunakan obat tersebut”.

Hal yang perlu dicermati, adalah bahwa Rasulullah SAW (dalam berbagai rekaman hadistnya) tidak pernah menanyakan balik tentang apa dan bagaimana melakukan bekam tersebut, sehingga dapat diartikan bahwa bekam sudah merupakan jenis pengobatan yang lazim (tidak asing) pada masa itu. Menurut data sejarah, pada 1550 SM, masyarakat Mesir kuno sudah mengenal bekam. Demikian pula dengan Yunani Kuno (413 SM). Rasulullah SAW memberikan kesempurnaan pada bekam dengan menunjukkan titik-titik yang sangat efektif dan efisien untuk pengobatan, yang kemudian dikenal sebagai titik-titik hijamah.

Ahmad bin Muhammad meriwayatkan dari Abu Muhammad bin Khalid, dari Abdullah bin Bukair, dari Zurarah bin A’yan, dari Abu Ja’far al Baqir yang berkata, “Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa bekam di bagian kepala akan menyembuhkan semua penyakit kecuali racun (yang dimaksud racun/as sam di sini adalah kematian)”. Dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa Nabi SAW berbekam pada kepalanya yang sering pusing-pusing…. (HR. Bukhari). Di dalam hadits lain termuat: “Lakukanlah olehmu berbekam pada rongga kuduk, karena menyembuhkan tujuh puluh dua penyakit”. Segolongan dari mereka menganggapnya baik dan mengatakan bahwa hal itu bermanfaat terhadap penyembuhan masalah bola mata (konjungsi), kelebatan alis, dan kelebatan bulu mata, disamping bermanfaat pula terhadap kotoran kelopak mata. Sehingga tolok ukur utama hasil setelah berbekam adalah: mempertajam penglihatan (bahkan menormalkan bagi yang bermasalah mata), mencerdaskan otak dan membuat badan terasa ringan (karena peredaran darah lancar).

Hasil penelitian medis modern telah mendapatkan bukti yang menakjubkan para ahli, yaitu bahwa bekam ternyata hanya mengambil bagian darah kotor saja (sel darah merah yang abnormal, sampah kreatin, dan lainnya), sedangkan darah bersih, sel darah putih dan zat-zat penting lainnya tidak terusik. Beberapa penyakit yang sudah berhasil diatasi dengan bekam antara lain masalah: kolesterol tidak sehat, asam urat, diabetes, jantung, darah tinggi, stroke, kelumpuhan, syaraf, autis, narkoba, dll.

Sebelum berbekam, diharuskan untuk tidak makan dahulu (sekurang-kurangnya 4 jam, sebaik-baiknya 8 jam), tidak berhubungan suami istri dahulu setidaknya 24 jam sebelumnya, bagi perempuan tidak sedang haid atau hamil, tidak sedang pilek, beberapa hari sebelumnya sudah merutinkan minum madu dan jintan hitam serta mengawalinya dengan doa dan Basmallah. Sedangkan selama proses berbekam disarankan banyak membaca Ayat Kursi (QS 2:255). Rasulullah SAW juga menyampaikan agar kita tidak berbekam pada tanggal 13, 14, 15 setiap bulan hijriah atau pada hari Rabu dan Sabtu. Sedangkan waktu terbaik berbekam adalah setiap tanggal 17, 19, 21 setiap bulan hijriah.

Selain itu juga ditunjang dengan kedisiplinan yang tinggi terutama menyangkut adab dan kebersihan (steril) serta pengalaman bertahun-tahun mengamalkan bekam, termasuk di negri jiran, Malaysia. Hasil terapi bekam akan lebih efektif dengan juga menggunakan suplemen herbal alami, terutama yang juga direkomendasikan Rasulullah yaitu Jintan Hitam, Zaitun dan Madu (masing-masing insyaAllah dengan kualitas terbaik.

___________________________________________________________ 

Bekam atau hijamah berarti torehan darah. Dan dalam masyarakat Melayu, bekam lebih dikenal sebagai pembuangan darah. Dalam masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa lebih mengenalnya dengan nama ngekop (berasal dari bahasa Inggris = cupping).

Dalam ilmu kedokteran Islam, bekam tidak boleh sembarang dilakukan. Bekam hanya boleh dilakukan pada pembekuan / penyumbatan dalam pembuluh darah, karena fungsi bekam yang sesungguhnya adalah untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh.

dsc00037

Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal; dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhori).

Madu menjadi dasar dari obat-obatan herba, bekam menjadi dasar kepada pembedahan, sedangkan besi panas (api) menjadi dasar kepada pengobatan melalui laser.

Hadist yang diriwayatkan oleh Tarmidzi menyatakan, bahwa Rasul SAW mengarahkan pengikut-pengikutnya menggunakan bekam sebagai kaedah pengobatan penyakit. Beliau memuji orang yang berbekam, “Dia membuang darah yang kotor, meringankan tubuh serta menajamkan penglihatan.”

Dalam kaitan untuk membersihkan diri ini, Allah mengkhususkan satu bulan dalam satu tahun untuk berpuasa (di bulan Ramadhan) sebagai salah satu jalan untuk menyucikan rohani. Dan berbekam merupakan salah satu cara untuk menyucikan atau membersihkan jasmani.

16 Tanggapan to “Bekam Terapi”


  1. Assalamu’alaikum…pak, saya sangat tertarik dengan tulisan bapak mengenai hijamah ini, terlebih lagi penelitian saya mengenai hijamah. Bisakah saya meminta bahan jurnal mengenai bekam ini, karena saya merasa kurang dengan materi skripsi saya nanti. Terima kasih sebelumnya

  2. pijatbagus Says:

    Bapak Badrushshalih yang baik,

    Bahan untuk terapi bekam bisa Anda diperoleh dengan membeli buku ttg terapi bekam di toko buku gramedia atau toko gunung agung. Wassalam.

  3. Khairul Amri Says:

    subahanalloh terapi sehat bagus saya mendukung pengobatan bekam yang anda terapkan. dan saya pengen, anda bisa bagi pengalaman anda kesaya. terimakasih

  4. Aiza Says:

    Bagaimana dgn alatan bekam yg digunakan ? Adakah ia nya alatan pakai buang atau di pakai berulang kali? Sekiranya alatan bekam digunakan berulang kali, adakah ianya boleh menyebabkan jangkitan kuman ?

    1. pijatbagus Says:

      Aiza yang baik,

      Untuk alat bekam seperti kop, alat tusuk yg seperti bolpoin, dan alat pompa kop bisa digunakan lagi. Untuk pemakaian jarum bekam, tissue bekam, hand spoon atau kaos tangan dr plastik hanya bisa dipakai sekali saja dan langsung dibuang. Insya Allah, berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai therapist bekam dengan pasien lebih dari 700 orang, meskipun digunakan beberapa kali peralatan bekam seperti kop…tidak akan menyebabkan jangkitan penyakit dengan catatan rajin dibersihkan/strilisasi dengan dengan alkohol dan dicuci dengan air panas. Bagaimana Aiza…udah pernah coba bekam ? Thank’s ya untuk pertanyaannya. Wassalam Bagus!

  5. Luqman Says:

    assalamualaikum ….
    pak artikel bagus nich ….
    ana minta ya buat infor tmen 2 ..
    syukron

    1. pijatbagus Says:

      silahkan aja… syukron juga

  6. vm Says:

    bianya untuk terapi nya kira2 berapa ya pak??? itu keseluruhan ato per titik ato apa?

    terima kasih

    1. pijatbagus Says:

      biaya-nya se-ikhlasnya saja. terima kasih

  7. dyan Says:

    pak sakit gak saat di bekam itu?.trs di surabaya adanya dimana ya?

    1. pijatbagus Says:

      Dyan yang baik,
      saat dibekam yang sakit saat ditusuk jarum saja yaitu seperti digigit semut…pernah digigit semut merah ya ? ambil positifnya saja yaitu untuk pengobatan. ok ? Gimana mau coba bekam ?

  8. andi pajung Says:

    ASS Pak

    Sy sejak ahun 2007 lalu pernah sakit menurut dokter sy sakit Maag dengan kolestrol yng sedikit tinggi namun kemudian ats saran dokter yg memberikan sy pantangan termasuk makan2an tertentu yg kemudian setelah anjuran itu sy taati sekitar 7bln kemudian justru sy rasa muncul penyakit lain yakni sering lemmes hingga tak berdaya dngan napas sangat pendek serta sakit kepala dan pusing dan penglihatan saya juga sering berkunang2 yang ingin sy tanyakan kira2 kalau untuk sy ini cocok g saya melakukan terapiu bekam.?Wassalam

    1. pijatbagus Says:

      Yth. Andi yang baik,

      Insya Alloh, bisa jika memang Alloh mengijinkan — apa yang tidak bisa terjadi dan Anda harus yakin dengan pengobatan ini …. Anda bisa sehat ! Jika ragu-ragu sebaiknya, jangan Anda lakukan. Sebaiknya Anda cari tukang bekam yang profesionan dan berpengalaman.

      Salam sehat selalu, PijatBagus !

  9. agus Says:

    ya memang betul bekam selain merupakan sunah rosul menurut penelitian modern bekam adalah mentasbihkan sel kita atau menata kembali sel kita

  10. Djokolono Says:

    Terima kasih, menambah pemahaman saya tentang betapa penting dan manfaat bekam bagi kesehatan kita.


  11. saya merasa senang dengan adanya bekam, karena merupakan pengobatan yang dianjurkan Rosululloh. bahkan kita dianjurkan untuk berbekan sebulan sekali. Jangan nunggu sakit, tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. trimmmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s